Saturday, May 2, 2020

Hidup yang Kudus


                
Imamat 10:10 Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis,

Hidup kudus
Menguduskan diri berarti menjauhkan diri dari hal-hal yang jahat.
Allah kita adalah Allah yang Maha Kudus, karena itu sebagai anak-anak-Nya, kita juga harus hidup kudus seturut dengan kehendak-Nya. Sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.


Kuduskanlah dirimu
Yosua 3:5 Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu." 
Ibrani 12:14,16 Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan. Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.

Menjadi kudus dengan menguduskan Kristus di dalam hati kita sebagai Tuhan bahkan lebih baik menderita karena berbuat baik dari pada berbuat jahat

1 Petrus 3:15-17 Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,  dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu.  Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat.

Menjadi kudus dengan mengingat dan melakukan segala perintah-Nya maka Dia menjadi Allah kita serta Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kita

Bilangan 15:40-41  Maksudnya supaya kamu mengingat dan melakukan segala perintah-Ku dan menjadi kudus bagi Allahmu. Akulah TUHAN, Allahmu, yang telah membawa kamu keluar dari tanah Mesir, supaya Aku menjadi Allah bagimu; Akulah TUHAN, Allahmu."

1 Korintus 1:2-3 kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita.  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.

Menjauhkan diri dari hal-hal yang jahat
  • Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis, maka TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib bagi kita.
  • Kuduskanlah Kristus di dalam hati kita sebagai Tuhan,supaya mereka yang memfitnah karena hidup kita yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka, sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, dari pada berbuat jahat.
  • Supaya kita mengingat dan melakukan segala perintah-Nya dan menjadi kudus bagi Allah, yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus maka Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kita.
  • Ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.  


Hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus karena kamu telah ditebus dengan darah yang mahal yaitu darah Kristus

1 Petrus 1:15-16,18-19  tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Hendaklah hidupmu menjadi kudus adalah pengorbanan dalam penurutan dapatkan kuasa Yesus Kristus. Kuasa kita bukanlah dalam bakat, pendidikan atau dalam uang kita, ataupun dalam populeritas kita; melainkan dalam pengorbanan diri kita sendiri, dalam penurutan kita kepada Yesus Kristus…” Sons and Daughters of God, hlm.236

Ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis, maka TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib bagi kita.
Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Kuduskanlah dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu." 

(Yosua 3:5)
Hendaklah hidupmu menjadi kudus. Hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus. 

jeffry

No comments:

Post a Comment