Saturday, May 2, 2020

RENUNGAN ULANG TAHUN



Salom …
Keluarga besar Ibu M... dan
Seluruh GMAHK SSC Padalarang
Dan Undangan sekalian …

Sore hari ini, kita patut bersyukur kepada Tuhan atas satu peristiwa yang membuka wawasan kita untuk melihat kebesaran Tuhan dalam sebuah acara yaitu Ucapan syukur atas genapnya usia ibu M yang ke 62, yang juga bertepatan dengan 40 hari meninggalnya Alamarhumah Ibu G L M anak ke 2 putri pertama dari Ibu M.


Berbicara tentang angka 40 alkitab juga mencatat beberapa hal tentang angka 40-

Kejadian  7:4 Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu."

Kejadian  25:20 Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya.

Keluaran  24:18 Masuklah Musa ke tengah-tengah awan itu dengan mendaki gunung itu. Lalu tinggallah ia di atas gunung itu empat puluh hari dan empat puluh malam lamanya.

Keluaran  34:28 Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.

Bilangan  14:34 Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu:

Yunus  3:4 Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."

Matius  4:2 Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.

Ulangan  2:7 Sebab TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaan tanganmu. Ia memperhatikan perjalananmu melalui padang gurun yang besar ini; keempat puluh tahun ini TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, dan engkau tidak kekurangan apa pun.


Dalam masa empat puluh hari atau tahun itu, Allah bukan berarti membiarkan, namun Allah senantiasa memperhatikan keadaan umatnya. 

Saya percaya selama 40 hari ini keluarga telah dihiburkan oleh Allah dan merenungkan betapa Tuhan itu baik dalam segala keadaan yang Tuhan izinkan untuk kita Alami

Lukas 2:52 “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.”

Ayat ini mempunyai konsep yang diaplikasikan untuk kedua anak Tuhan, ibu M yang terlahir sebagai manusia yang utuh, bertumbuh besar, sehat: baik secara fisik, pikiran, mental dan rohani.

Dan bilamana tiba saatnya, ketika Adam (laki-laki) dan Hawa (perempuan) dipertemukan …
Kejadian 2:24 “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

Waktu terus berjalan, Tuhan pun menggenapi janjiNya dalam ...

Kejadian 1:28 ”Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu”

Sekarang ini, disamping mereka, sudah berdiri anak-anak, menantu dan cucu.
Itu semua karena kebesaran Tuhan yang selalu baik setiap saat dan penerimaan yang ikhlas dari Ibu M

Itulah kebahagiaan. Namun ... Tidak ada sukacita yang lebih besar selain sukacita di dalam ....
III Yohanes 1:4 ”Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar (melihat/menyaksikan), bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.”


Oleh sebab itu tidaklah mengherankan … bila raja Salomo berkata
Amsal 3:16 “Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.”

Hadirin yang dikasihi Allah…
62 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang. Sudah lebih dari setengah abad.
Suka dan duka telah di alami oleh ibu ini. Semua bisa dilakoni oleh karena ...
Filipi 4:13 ”Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Mazmur  90
90:12 Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.



No comments:

Post a Comment