Sunday, June 9, 2013

Jadilah Kuat

Dalam Alkitab terdapat 122 ayat yang berisi tentang binatang yang diakui banyak orang paling kuat dan raja dari semua binatang yang ada di muka bumi ini. Ya, Singa identik dengan kekuatan, kecepatan, raungan yang keras, cakaran maut. Namun sekuat kuatnya dan segarang-garangnya Singa, Alkitab mencatat ada 3 orang muda yang berhasil menaklukan binatang yang disebut Singa ini, mereka adalah :

1.                  Simson (Hakim-hakim 14:6)
SimSimson berhadapan langsung dengan singa ketika dia dalam perjalanan pencarian cinta di daerah kafir yaitu di Timna. Tak heran Simson berhasil menaklukan Singa yang terkuat di antara binatang, karena Simson sendiri diakui sebagai manusia yang paling kuat yang pernah hidup di atas dunia ini, bayangkan saja singa muda yang masih sangat bertenaga dan garang hanya dengan “disentuh” saja oleh Simson diumpamakan bagaikan dia mencabik seekor kambing.
2.                  Daud (1 Samuel 17:34-37)
Daud tampil dengan berani dalam peperangan Israel melawan Filistin, Daud yang masih muda diragukan oleh Saul dan pasukannya untuk melawan Goliath, karna diragukan Daud sedikit berkisah tentang kebiasaan dalam penggembalakan kambing domba yang sering berhadapan dengan binatang buas termasuk Singa dan ia membunuh Singa dengan menangkap janggutnya dan menghajar sampai mati.
3.                  Daniel (Daniel 6:23)
Darius raja Media dijebak oleh orang orang yang tidak menginginkan Daniel berada dilingkungan kepercayaan raja, jebakan cerdik mereka berbuah dengan dihukumnya Daniel hanya karena kedapatan beribadah kepada Allah Israel. Hukuman dibuang ke gua singa harus ditempuh Daniel, tapi Daniel lolos padahal singa singa itu sudah sengaja tidak diberi makan beberapa hari sebelumnya supaya bisa benar-benar lapar dan dengan rakus melahap daging tubuh Daniel.

Ketiga manusia super di atas adalah orang muda yang bisa mengalahkan Singa dan mereka adalah manusia biasa seperti kita namun mereka bisa mengalahkan binatang yang paling ditakuti tersebut. Dengan kekuatan apa mereka sanggup menaklukan Singa? apakah dengan kekuatan mereka sendiri atau bagaimana ? Mari kita perhatikan keterangan Alkitab :
-                      “Allahku telah mengutus malaikat-malaikat untuk “mengatupkan “ mulut singa-singa itu” (Daniel)
-                      “Tuhan yang telah melepaskan aku dari cakar singa...” (Daud)
-                      “Pada waktu itu berkuasalah Roh Tuhan atas dia, sehingga singa itu dicabiknya...”
Sangat jelas diutarakan bahwa kekuatan mereka melawan Singa adalah dari Tuhan bukan dari pribadi mereka. Perhatian orang muda dengan semangat menggebu gebu, fisik yang prima, dipenuhi dengan ide-ide brilian akan sangat berkecenderungan mengandalkan diri sendiri dari pada mengandalkan Tuhan, merasa diri mampu karena memang masih muda.  Itu sebabnya Pengkotbah  menasehatkan kepada orang muda supaya ingat Tuhan ketika masih muda, jangan bersandar kepada pengertian sendiri tetapi berpeganglah kepada Firman Tuhan.
Lalu pertanyaan selanjutnya siapakah Singa itu? Sebuah ayat yang ditulis oleh Rasul Petrus  menyatakan: “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”  2 Petrus 5:8.
Kinerja Setan dalam menggoda dan menjatuhkan orang muda diidentikkan seperti Singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Cobaan bagi Orang muda terbagi dalam dua hal :
1.                  Orang muda yang datang kepada pencobaan, karena ada auman/pancingan maka sering kali orang muda sendiri datang/tertarik untuk menuju kepada pencobaan tersebut, Setan sangat licik dan sering kali dia hanya membuat pancingan pencobaan kepada kita dan dengan sendirinya yang datang dan tertarik kepada pencobaan itu. Sebut saja contoh, peluang peluang yang terbuka untuk seks bebas dll.
Signal-signal dosa sering kali dipancarkan dengan bebas kepada para pemuda dan pemudi oleh setan memancing kita untuk datang kepada pencobaan itu dan kemudian melakukan dosa, pertama dosa kecil kemudian beruntun kepada dosa-dosa lain yang lebih besar
2.                  Orang muda didatangi oleh pencobaan.
Dalam banyak hal juga pencobaan itu gencar datang langsung seakan-akan memaksa orang muda untuk berdosa atau jatuh ke dalam dosa. Pencobaan datang langsung kepada kita lewat berbagai macam cara seperti tawaran bekerja pada hari sabat untuk gaji yang lebih tinggi.
Matius 6:13, “Janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tetapi lepaskanlah dari pada yang jahat.”
Petrus menasehatkan orang muda jangan lengah, harus sadar dan berjaga-jaga, kita hanya bisa sadar dan berjaga-jaga oleh kekuatan dari Tuhan. Mari cepat datang kepada Tuhan apabila setan/singa datang mencobai kita dan mari minta kekuatan dari Tuhan selalu ketika menghadapi pencobaan, mari mencontoh dari Daniel, Daud, Simson yang telah menaklukan Singa dalam hidup mereka dengan mengandalkan Tuhan, kalahkanlah singa-singa atau pencobaan-pencobaan iblis itu setiap hari dengan meminta kekuatan dari pada Tuhan. Amin!