Friday, June 7, 2013

Peranan Orang Muda dalam Penginjilan


PENDAHULUAN
Allah telah mengangkat orang muda menjadi tangan penolong bagi-Nya. Dengan orang muda sebagai pasukan pekerja yang telah dilatih dan dilengkapi, betapa segera pekabaran, tentang Juru Selamat yang disalibkan, yang sudah bangkit dan yang akan datang segera, dapat disebarkan ke seluruh dunia.
Kita memiliki persamaan orang muda sekarang ini yang dapat melakukan banyak hal jikalau mereka benar-benar diserahkan didorong kita mau agar anak-anak kita percaya kepada kebenaran. Kita mau agar mereka diberkati Allah, kita mau agar mereka melakukan sebagian yang sudah di rencanakan untuk menolong orang muda lainnya. Biarlah semuanya dilatih agar mereka memperkenalkan kebenaran dengan tepat dan memberikan alasan pengharapan yang ada pada diri mereka dan menghormati Allah melalui cabang pekerjaan man saja dimana mereka terampil dalam pekerjaan.
Tuhan mau supaya orang muda menjadi orang tekun berpikir, disediakan dengan sungguh-sungguh akan mengambil bahagian dalam pekerjaannya yang mulia dan paham menanggung jawab atas perkara yang ditanggungkan Tuhan kepadanya memanggil orang-orang muda yang berhati tulus, kuat dan berani yang sudah mengambil ketentuan akan bergumul dengan gagah berani menghadapi perjuangan yang dihadapannya untuk kemuliaan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama.
Tidak boleh ada yang memandang enteng pekerjaan injil itu, tidak ada yang harus dijalankan sedemikian rupa sehingga menyebabkan pekerjaan terhadap dunia sampai dipandang sebagai perkara yang kecil. Tidak boleh demikian mereka yang meremehkan pekerjaan Kristus. Yang tertinggi dari semua pekerjaan ada pekerjaan dalam bermacam-macam bidangnya, dan harus dicanangkan dihadapan orang muda bahwa tidak ada pekerjaan yang lebih banyak diberkati oleh Allah dari pada yang dikerjakan pelayan injil.


PERANAN ORANG MUDA DALAM PENGINJILAN

Orang Muda Dalam Pelayanan

            Tuhan mau supaya orang-orang muda menjadi orang yang tekun berpikir, disediakan sungguh-sungguh akan mengambil bahagian dalam pekerjaanNya yang mulia dan paham menanggung jawab atas perkara yang ditanggungkan Tuhan kepadanya. Tuhan memanggil orang-orang muda yang berhati tulus, kuat dan berani yang sudah mengambil ketentuan akan bergumul dengan berani menghadapi perjuangan yang ada dihadapannya untuk kemuliaan Tuhan, dan menjadi berkat bagi sesama manusia. Jikalau saja orang muda suka mempelajari Alkitab, dan suka menahankan segala nafsu keinginannya serta suka mendengarkan suara Khalik dan Penebusnya maka mereka itu bukan saja mendapat perdamaian dengan Tuhan, tetapi dirinyapun akan dimuliakan dan ditinggikan. Hai sahabatku yang muda, inilah suatu keuntungan yang kekal bagimu, jikalau engkau mencemoohkan akan segala nasihat dalam sabda Allah. Karena harganya tiada ternilai bagimu.
            Tidak boleh ada yang memandang enteng pekerjaan injil itu. Tidak ada yang harus dijalankan sedemikian rupa sehingga menyebabkan pekerjaan terhadap dunia sampai dipandang sebagai perkara yang kecil atau tidak boleh demikian. Mereka yang meremehkan pekerjaan itu meremehkan Kristus. Yang tertinggi dari semua pekerjaan adalah pelayanan dalam bermacam-macam bidangnya dan harus dicanangkan dihadapan orang muda bahwa tidak ada pekerjaan yang lebih banyak diberkati oleh Allah dari pada yang dikerjakan oleh pelayanan injil.
            Janganlah orang mudamu dihalang-halangi untuk pekerjaan ini. Ada kadangnya bahwa melalui gambaran yang mengilaukan ada yang akan tersurat jauh dari jalan dimana Allah mereka berjalan. Ada yang telah diberi semangat untuk mengikuti kuliah belajar jurusan kedokteran yang seharusnya menyediakan diri untuk bekerja di dalam kebun anggurNya. Allah memerlukan kamu orang muda. Ia memerlukan segenap bala tentra yang terdiri atas orang-orang muda yang berhati besar dan berpikiran luas dan yang memiliki kasih yang mendalam untuk Kristus dan kebenaran.
            Alah telah mengangkat orang muda menjadi tangan penolong bagiNya. Testimonies, jld. 7, hal. 64. dengan orang muda sebagai pasukan pekerja yang telah dilatih dan dilengkapi, betapa segera pekabaran tentang Juru selamat yang disalibkan, yang sudah bangkit, dan yang akan datang segera, dapat disiarkan ke seluruh dunia. Education, hal. 271.
            Kita memiliki pasukan orang muda sekarang ini yang dapat melakukan banyak hal jikalau mereka benar-benar diarahkan dan didorong. Kita mau agar anak-anak kita percaya kepada kebenaran. Kita mau agar mereka diberkati Allah. Kita mau agar mereka melakukan sebagian dari yang sudah direncanakan untuk menolong orang muda lainnya. Biarlah semuanya dilatih agar mereka memperkenalkan kebenaran dengan tepat, dan memberikan alasan pengharapan yang ada pada diri mereka dan menghormati Allah melalui cabang pekerjaan mana saja dimana mereka terampil dalam pekerjaan. General Conference Bulletin, jld. 5, No. 2. hal. 24 (January 1, 29, 30. 1893.)
            Tuhan sudah memberikan satu kesempatan kepada orang muda supaya orang muda bisa menentukan satu takdir yang tinggi. Pengaruh yang keluar dari padamu boleh menyaksikan kebenaran Allah. Engkau boleh menjadi pengerja bersama dengan Tuhan dalam pekerjaanNya yang besar akan menyelamatkan jiwa-jiwa.
            Kita harus menunjukkan keyakinan dalam diri orang muda kita. Mereka haruslah menjadi perintis dalam usaha yang cukup keras dan pengorbanan, sementara hamba-hamba Kristus yang sudah tua harusnya didudukkan sebagai penasihat, untuk mendorong dan memberi hati mereka yang gigih bertarung bagi Allah. Gospel Workers, hal. 68.
            Ukuran kemampuan atau belajar adalah jauh lebih baik sedikit akibatnya dari pada semangat yang olehnya engkau terlibat dalam pekerjaan. Bukanlah orang-orang besar dan terpelajar yang diperlukan dalam pelayanan; bukanlah pengkhotbah-pengkhotbah yang fasih, tidak. Allah memerlukan orang yang akan menyerahkan diri mereka kepadaNya untuk di isi dengan RohNya. Pekerjaan Kristus dan manusia menuntut orang yang dikuduskan mau mengorbankan diri, yaitu mereka yang dapat maju ke depan tanpa tedeng aling-aling, membawa teguran. Hendaklah mereka menjadi kuat, sebagai orang-orang yang gagah perkasa, cocok untuk usaha yang pantas, dan biarlah mereka mengadakan suatu perjanjian dengan Allah melalui pengorbanan.
            Pekerjaan itu tidak ada tempat bagi pemalas, hamba-hamba Allah harus membuktikan pekerjaan mereka sepenuhnya. Mereka tidak akan menjadi pemalas, tetapi sebagai pemberita firmanNya mereka akan menyerahkan segenap daya mereka supaya berlaku setia. Mereka tidak boleh berhenti menjadi pelajar. Mereka harus menjaga jiwa mereka sendiri supaya tetap hidup kepada kekudusan pekerjaan itu dan kepada tanggung jawab besar penginjilan mereka, supaya mereka tidak mendapat tempat dan peluang membawa kepada Allah korban yang cacat, suatu persembahan yang membuat mereka sehingga tidak belajar dan berdoa.
            Allah memanggil umat ini untuk memberikan kepada dunia pekabaran tentang kedatangan Kristus segera. Kita harus menyampaikan kepada orang panggilan terakhir ke pesta injil, undangan terakhir ke perjamuan nikah Anak Domba. Beribu-ribu tempat yang belum mendengar panggilan itu harus mendengarnya. Banyak yang belum menyampaikan pekabaran itu harus memberitakannya. Sekali lagi orang muda diimbau. Bukankah Allah memanggil kamu untuk mengumandangkan pekabaran itu?

Orang Muda di Panggil Pada Satu Takdir Yang Tingi
            Oh Alangkah baiknya kalau orang muda menghargai akan takdir yang tinggi itu kemana mereka sudah dipanggil! Kiranya orang muda insaf akan jalan, dimana kamu harus berjalan. Mulaikanlah pekerjaanmu dengan satu maksud yang tinggi dan suci dan biarlah kamu tahu dengan tentu, bahwa dengan kuasa karunia Allah, kamu tidak akan menyimpang dari pada jalan yang benar. Jikalau kamu mulai menuju kepada jalan yang salah, maka celaka dan bahaya nanti beserta dengan tiap-tiap jejakmu, dan kamu nanti lama kelamaan tersesat dari pada jalan kebenaran, keselamatan dan bahagian. Kuasa pikiranmu perlu dikuatkan, dan tenaga batin dihidupkan oleh kuasa Allah

            Pekerjaan Tuhan menuntut segala kuat kuasa yang sitinggi-tingginya dan dalam banyak ladang pekerjaan Tuhan ada sangat perlu orang-orang muda yang paham dalam ilmu kitab-kitab. Ada perlu orang-orang, kepada siapa boleh di tanggungkan pekerjaan dalam ladang-ladang yang luas yang telah sedia akan disabit. Orang-orang muda, yang berpengetahuan cukup, yang menyerah diri sepenuh-penuhnya pada Tuhan, yang belum dirusakkan oleh kecemaran dan percabulan, akan beruntung dalam pekerjaannya dan akan disanggupkan mengadakan pekerjaan besar bagi Tuhan. Biarlah orang-orang muda memperhatikan nasihat ini dan sadarlah.
            Dibutuhkan orang-orang muda. Allah memanggil mereka keladang misionaris. Karena kebebasan dari kesusahan dan tanggung jawab mereka lebih cocok di tempatkan dalam pekerjaan itu dibandingkan dengan mereka yang harus menyediakan Pendidikan dan biaya keluarga yang besar. Lebih jauh lagi orang muda lebih gampang menyesuaikan diri dengan iklim baru, masyarakat baru, dan lebih sanggup menanggung kekurangan dan kesulitan. Dengan taktik dan kesabaran mereka dapat menjangkau orang dimana mereka berada. Counsels on Teachers, hal. 517.
            Banyak orang muda yang sudah memperoleh Pendidikan yang benar di rumah. Mereka perlu dilatih untuk pelayanan dan didorong untuk mengangkat standar kebenaran di tempat baru dengan pekerjaan yang direncanakan dengan baik dan dilakukan dengan setia. Dengan bergaul bersama dengan pendeta-pendeta kita dan para pekerja di kota, mereka akan memperoleh jenis pendidikan yang terbaik. Dengan bertindak di bawah pimpinan ilahi, dan didukung oleh doa teman sekerja yang lebih berpengalaman, mereka memadukan pekerjaannya melalui karya para pekerja yang lebih tua, menggunakan tenaga muda sebaik-baiknya, mereka akan didampingi para malaikat surga. Selaku mitra usaha Allah, adalah kesempatan mereka untuk menanti berdoa dan percaya dan bekerja dengan semangat dan kebebasan. Apabila mereka yakin dan percaya akan kehadiran agen-agen surga ditengah-tengah mereka dan teman sekerja mereka, itu akan menuntun kepada doa dan pujian dan kesederhanaan iman sejati. Testimonies, jld. 9, hal.119.
            Kristus memanggil orang-orang muda yang sukarela masuk ke dalam tentraNya, dan memikul panji salibNya I hadapan dunia. Sidang sedang menjadi lesu akan bantuan orang-orang muda yang berani menyaksikan namanya dan yang mau gerakan tenaga umat Allah yang mulai lengah itu dengan kegiatannya yang bernyala-nyala, dan dengan begitu kuasa gereja akan bertambah-tambah dalam dunia. Adalah sangat perlu orang-orang muda yang mau melawan aliran kesukaan dunia ini, dan mau memberi amaran kepada orang-orang muda yang mulai menuju pada jalan kecemaran dan percabulan.
            Tetapi lebih dulu harus orang-orang muda itu yang mau menurut Tuhan dan serahkan diri buat bekerja bagi diriNya, menyucikan kaabah jiwanya dari segala kecemaran, dan biarlah Kristus berkerajaan dalam hatinya, kemudian dia akan diberikan kesanggupan memasang tenaga ke dalam segala daya upayanya, dan dia akan menyatakan kegiatan besar dalam menasehatkan orang-orang supaya mereka berdamai dengan Kristus. Apakah orang-orang muda tidak mau menyambut undangan Kristus dan menjawab “Aku ini hambamu, suruhlah aku”? hai orang-orang muda, marilah tampil ke muka, dan perkenalkanlah dirimu sebagai pengerja-pengerja bersama-sama dengan Kristus, meneruskan pekerjaan yang ditinggalkanNya itu dan menyelesaikannya. Review and Herald, 16 Juni 1891.

Tumbuhkan Cita-cita yang Luas
            Orang-orang muda harus punya cita-cita yang luas, dan maksud-maksud yang bijaksana, supaya mereka bisa beruntung dalam segala kesempatannya dan mereka bisa mendapat ilham dan keberanian yang menghidupkan Pengalaman rasul-rasul dahulu kala. Yohanes menulis, hai segala orang-orang muda aku telah menyuratkan bagimu sebab kamu kuat, dan firman Allah tinggal di dalam kamu, dan kamu sudah mengalahkan si jahat itu. Satu Derajat mengundang mereka supaya bekerja dengan sungguh-sungguh bagi Dia. Orang-orang muda yang setia, yang merasa kesukaan menjadi murid bagi gurunya, jikalau saja mereka mencamkan akan perintah kaptennya. Seperti yang diserukan kepada tentara dari dahulu sampai pada zaman kita sekarang ini; lakukanlah dirimu seperti laki-laki, biarlah kamu jadi gagah.
            Kamu harus menjadi orang yang mau hidupnya rendah dihadapan Tuhan, dan berdiri dihadapanNya seperti laki-laki dan gagah berani, bersih daripada kecemaran, bersih daripada segala pikiran-pikiran percabulan, yang merusakkan keturunan ini. Kamu menjadi orang-orang yang membenci segala perkara yang palsu dan jahat, dan yang berani hidup tulus.
            Tuhan Allah tidak titahkan supaya orang-orang muda kurang bercita-cita. Atmosfir-atmosfir tabiat yang membawa keuntungan dan kehormatan kepada sesuatu manusia yaitu keinginan keras yang tidak bisa dipadamkan pada perkara-perkara yang lebih baik, kemauan keras, usaha yang tidak kenal lelah dan ketetapan hati yang tidak tahu payah. Semuanya itu jangan dihancurkan. Patriarchs and Prophet, hal. 602.



Pengorganisasian untuk Pelayanan
            Ada banyak bidang pekerjaan dimana orang muda dapat menemukan kesempatan dan usaha yang bermanfaat. Kelompok orang muda harus di organisasi dan dididik dengan seksama sebagai perawat, pekerja injil, pembaca Alkitab, berbagai penjual buku, pendeta dan misionaris medis. Counsel on Teacher, hal. 546.
            Kita harus mendidik orang muda untuk menolong sesama orang muda. Sementara mereka melakukan pekerjaan ini, mereka akan memperoleh Pengalaman yang dalam akan mengubah mereka menjadi pekerja-pekerja yang penuh pengabdian dalam wawasan yang luas. Testimonies, jld 6, hal. 115.
            Pemuda dan pemudi harus dididik menjadi pekerjaan dilingkungan mereka sendiri dan ditempat lain. Biarlah semua orang menentukan hati dan pikiran supaya cakap dalam pekerjaan masa kini, mempersiapkan diri untuk melakukan apa yang paling cocok bagi mereka. Testimonies, jld. 9, hal. 118. 1119.
            Pemuda dan pemudi, tidakkah kamu dapat membentuk kelompok sebagai tentra Kristus, dan mendaftarkan diri di dalam pekerjaan mengarahkan segenap kecerdasan dan segala keterampilan dalam pelayanan Tuhan, agar engkau menyelamatkan jiwa dari kebobrokan? Biarlah diorganisasi kelompok seperti ini disetiap gereja untuk melakukan pekerjaan ini maukah pemuda dan pemudi yang benar-benar mengasihi Kristus mengorganisir diri sebagai pekerja bukan hanya mengaku menyucikan hari Sabat tetapi juga mereka yang bukan seiman dengan kita? Special Testimonies, 29 Mei, 1893.
            Biarlah muda-mudi dan anak-anak bekerja didalam nama Yesus. Biarlah mereka bersatu dalam perencanaan dalam pelaksanaan. Tidakkah kamu membentuk satu kelompok kerja dan menyisihkan waktu untuk berdoa bersama dan memohon kepada Tuhan akan rahmatNya, kemudian mereka bergerak serentak? Youth instructor, 9 Agustus, 1894.

Rahasia Kemajuan
Hai orang muda, teruskanlah mengenal Tuhan dan engkau akan mengetahui bahwa “ Ia pasti muncul seperti fajar,” berusahalah senantiasa memperbaiki diri. Berusahalah dengan sungguh-sungguh mencapai identitas bersama penebus.
Hiduplah oleh iman di dalam Kristus. Lakukanlah pekerjaan yang telah di lakukanNya. Hiduplah demi penyelamatan jiwa-jiwa bagi siapa dia telah menyerahkan nyawanya. Usahakanlah menolong mereka dengan siapa engkau berhubungan... berbicaralah dengan saudaramu yang lebih tua, yang akan menyempurnakan pendidikanmu baris demi baris, persepsi demi persepsi, di sini sedikit, disana sedikit. Satu hubungan yang erat dengan Dia yang telah mengorbankan driNya sendiri untuk menyelamatkan dunia yang sedang binasa, akan menjadikan engkau pekerja yang layak dan berterima. Testimonies, jld. 3, hal. 202.
I
KESIMPULAN DAN SARAN

            Kita semua harus menjadi mitra Allah. Tidak ada pemalas yang diakui sebagai hambanya. Para anggota gereja harus secara perorangan merasa bahwa hidup dan kemakmuran gereja dipengaruhi oleh perbuatan mereka.
            Setiap jiwa orang-orang muda diselamatkan oleh Kristus di Panggil untuk bekerja dalam namanya demi keselamatan yang sesat. Orang muda yang sudah menggabungkan diri dengan Tuhan dalam perjanjian pelayanan adalah terikat tetap bersatu dengan Dia dalam pekerjaan besar bidang penyelamatan jiwa.
            Allah menuntut setiap orang supaya menjadi pekerja dalam kebun anggurNya. Setiap orang muda Kristen harus memikul tugas yang telah dipercayakan dan melakukan dengan setia. Sekiranya setiap orang-orang muda menjadi misionaris yang hidup pekabaran zaman ini akan dengan cepat tersebar di seluruh dunia, ke setiap bahasa, kaum dan bangsa. Maka Yesus akan datang.




Daftar Pustaka

Macanlay, J. C. and Belton Robert H., Personal Evangelism, (Chicago, Moddy Press, 1975).
Martin Carlos G., Pastoral Ministry, (Philipines, Adventis Institute of advanced studies, 1996).
_______, Bible Echo, (1901)
_______, Bersaksi bagi Yesus, (Bandung, Percetakan Advent Indonesia, 1981).
White, E. G., Amanat Kepada Orang Muda(Ibid, 2002).
Ibid, Nasihat Bagi Pendeta dan Pelayan Injil (1997).
Ibid, Pelayan Injil,(1995).
Ibid, Testimonies, (1920).

Ibid, Review and Herald, (1881, 1888, 1890)